Halaman

Jumat, 30 November 2012

PALESTINA Negara Baru Di PBB

Turki: Ada Negara Baru di PBB, Palestina

Aulia Akbar
Jum'at, 30 November 2012 17:28 wib
Foto : Davutoglu & Abbas menggelar resepsi di Turkevi (Anadolu)
Foto : Davutoglu & Abbas menggelar resepsi di Turkevi (Anadolu)
NEW YORK - Turki menyambut kemenangan Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan penuh kegembiraan. Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu langsung menggelar resepsi bersama Presiden Mahmoud Abbas di Turkevi yang menjadi tempat tinggal perwakilan diplomatik Turki di Amerika Serikat (AS).

"Ini adalah kemenangan warga Palestina, kemenangan ini merupakan milik mereka yang meninggal dunia di tanah Palestina. Saya salut dengan seluruh warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza," ujar Davutoglu sambil mengenang konflik Gaza, seperti dikutip Anadolu, Jumat (30/11/2012).

Davutoglu menjelaskan pula, dulu Palestina memiliki status "non-negara" namun saat ini mereka sudah menjadi "Negara Palestina." Davutoglu juga menjelaskan bahwa Abbas berniat untuk mengunjungi Turki.

"Lewat keputusan itu, Otoritas Palestina berubah menjadi Negara Palestina. Saat ini, ada negara baru di PBB yaitu Palestina, yang sudah mendapat status eksklusif," imbuhnya.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan ucapan selamat pada Abbas yang berhasil memperbaharui status negaranya menjadi pemantau di PBB. Erdogan menelpon Abbas dan Abbas pun mengucapkan terima kasih ke Erdogan yang selama ini mendukung Palestina.

Dukungan Turki ke Palestina memang sangat besar, Erdogan pun berniat mengunjungi Gaza secara mendadak pada pekan depan. Rencana itu sudah dibicarakan Erdogan dan Pemimpin Hamas Khaled Meshal yang saat ini masih berada di Mesir. Meshal pun siap menjamu Erdogan dan pulang ke tanah airnya.(AUL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar