Halaman

Selasa, 27 November 2012

Cara Mengatasi Insomnia


Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

cara mengobati insomniaBanyak orang mengalami susah tidur atau yang disebut  insomnia? Seringkali keadaan ini disertai kondisi badan  capek. Bila insomnia tidak segera diatasi tentu  akan berakibat tidak baik bagi kesehatan. Lalu apa sih insomnia itu? Adakah cara mengatasinya? Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami sekali dalam hidupnya. Apalagi pola hidup jaman sekarang, kemungkinan orang mendapatkan  insomnia  sebesar 30 – 50%.
Penyebab Utama Insomnia
Sumber utama penyebab insomnia adalah stress, entah karena pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga atau kehidupan sosial yang buruk. Bahkan penyebab utama bisa karena  karena makanan dan tempat tinggal. Hal ini sebenarnya dapat menyerang siapa saja bahkan untuk anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah sekalilpun. Angka kejadian susah tidur akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Menurut penelitian perempuan lebih rentan terkena insomnia dibandingkan laki laki.
Beberapa Cara Mudah Mengatasi insomnia
  1. Olahraga teratur
    lakukan olah raga teratur. Menurut penelitian berolah raga dengan teratur dapat membantu masalah dengan tidur. Olah raga paling baik dilakukan pada pagi hari. Dengan berolah raga, sirkulasi darah dan kerja organ tubuh akan menjadi lebih baik lagi. Olahraga yag cukup (tidak berlebihan) maka akan menyebabkan tubuh terutama otak akan menjadi rileks dan segar.
  2. Kurangi konsumsi kaffein
    Kafein dipercaya dapat mencegah kantuk. Karena itu jika Anda seorang pecandu kopi lebih baik mengkonsumsinya ketika pagi hari atau empat jam sebelum tidur.
  3. Perhatikan waktu makan
    Makan terbaik ketika malam hari adalah empat jam sebelum waktu normal Anda tidur. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak. Bila malam kelaparan, segera perbanyak minum air putih atau mengkonsumsi buah jeruk dan sedikit beras merah.
  4. Lakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur
    Tidur adalah aktivitas yang penting, sama halnya dengan aktivitas yang lain. Karena itu perlakukan aktivitas tidur dengan istimewa. Bila memang sulit tidur selalu datang. Mandilah dengan air hangat yang telah direbus bersama daun sere dan garam. Nikmati ritual mandi malam serta lepaskan segala beban hidup Anda hari itu. Putar lagu lembut favorit sembari berdoa dengan penuh rasa syukur. Matikan lampu dan Anda akan segera terlelap.
  5. Tempat tidur hanya untuk tidur
    Tempat terbaik untuk tidur adalah kamar tidur. Ya, jauhkan kamar tidur dengan televisi, majalah, meja kerja atau apapun yang mengganggu aktivitas tidur Anda. Jadikan tidur Anda adalah aktivitas yang penting untuk menunjang aktivitas Anda di waktu pagi. Jika Anda telah melakukan, Selamat! Anda telah fokus untuk tidur.
  6. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
    Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan menyebabkan jam biologis Anda terganggu. Lakukan aktivutas tidur sebagaimana atlet olahraga melakukan aktivitasnya. Niscaya insmonia tidak datang lagi karena Anda sudah mengetahui cara mengatasinya.

         Semoga bermanfaat untuk semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar